Sabtu, 23 April 2011

Widget Melayang di Blog


Cara membuat widget melayang pada blog. Terutama yg akan dibahas yakni membuat widget melayang pada pengguna blogspot, manfaat dari widget melayang itu sendiri banyak, biasanya di gunakan untuk ditempati iklan berbasis PPC atau iklan yg begitu penting yg sangat terbatas waktu promosinya yang di maksudkan agar pengunjung tahu bahwa ada bisnis yang penting sekarang ini.
Widget melayang ini bisa kita atur tata letaknya entah mau d letakan sebelah kiri, kanan, atas maupun bawah pada posisi blog, nanti akan diterangkan di bawah,
Untuk tampilan besar kecilnya ukuran widget melayang ini tergantung pada isi yang akan kita tempatkan.
Jika widget melayang ini kita tempati iklan berbasis PPC, maka ukurannya akan menyesuaikan dg ukuran iklan, untuk contohnya bisa di lihat pada pojok kanan atas di beritapenasaran.
Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membuatnya?
Silahkan copy paste script di bawah ini pada widget HTML/Javascript.
Jika bingung apa itu widget HTML/Javascript silahkan ikuti petunjuknya:
  • masuk ke dasboard blog kamu.
  • pilih Rancangan
  • pada elemen halaman klik ''Tambah widget''
  • Dan pilih Widget HTML/Javascript
  • kemudian paste-kan script di bawah ini.
  • dan Simpan
<style type="text/css"> #gb{ position:fixed; top:10px; z-index:+1000; } * html #gb{position:relative;} .gbcontent{ float:left;margin-left:220px; border:2px solid #bb0000; background:#eeeeee; padding:10px; } </style> <script type="text/javascript"> function showHideGB(){ var gb = document.getElementById("gb"); var w = gb.offsetWidth; gb.opened ? moveGB(0, 30-w) : moveGB(20-w, 0); gb.opened = !gb.opened; } function moveGB(x0, xf){ var gb = document.getElementById("gb"); var dx = Math.abs(x0-xf) > 10 ? 5 : 1; var dir = xf>x0 ? 1 : -1; var x = x0 + dx * dir; gb.style.top = x.toString() + "px"; if(x0!=xf){setTimeout("moveGB("+x+", "+xf+")", 10);} } </script> <div id="gb"> <div class="gbtab" onclick="showHideGB()"> </div> <div class="gbcontent"> <div style="text-align:right"> <a href="javascript:showHideGB()"> .:[Close][Klik 2x]:. </a> </div> <center> kode iklan atau banner atau teks </center> <script type="text/javascript"> var gb = document.getElementById("gb"); gb.style.center = (30-gb.offsetWidth).toString() + "px"; </script></div></div>
Perhatikan pada tulisan yang berwarna ungu pada script di atas, di situ berisi tentang pengaturan tentang posisi, background,border widget melayang tersebut. Atur sesuai dg keinginan kamu apakah ingin di tempatkan di bagian kiri atau kanan. Untuk tulisan berwarna merah silahkan ganti sesuai kode iklan atau banner.
Bagaimana apakah sudah bisa membuat widget melayang atau membuat iklan melayang? Semoga bermanfaat.